Uniknya Blue Mosque di Turki

masjid biru 4

 

Ketika hendak berkunjung ke Turki akan sangat rugi jika tidak melihat atau mampir sejenak ke bangunan super mewah yang bernama Masjid Biru atau yang terkenal dengan sebutan Blue Mosque. Sudah sangat jelas bahwa namanya adalah masjid biru karena masjid ini menggunakan keramik berwarna biru pada bagian kubah nya yang besar. Untuk lebih detailnya mari kita simak pemaparan di bawah ini.

 

Sejarah berdirinya Blue Mosque

 

masjid biru 5

 

sekilas kita melihat bangunan ini tentu sangat megah dan inah dengan warna biru yang memancar. Masjid ini merupakan salah satu hasil kerja keras Sultan Ahmed yang terletak di daerah Istanbul yakni di Turki. Sama seperti halnya bangunan bangunan lain seperti Hagia Sophia, Masjid Sulaiman, masjid inipun di bangun pada masa dinasti ottoman yang berkuasa di turki sekitar tahun 1603 sampai dengan tahun 1617. Masjid biru di bangun saat itu tepat pada tahun 1609 dan pembangunannya selesai pada tahun 1616.

Di bangunnya masjid biru ini di jadikan sebagai bahan tandingan dengan bangunan Hagia Sophia yang di buat oleh kaisar Byzantine. Letak dari bangunan Hagia Sophia ke masjid biru ialah hanya eda satu blok saja. Pembangunan Blue Mosque telah di bantu oleh arsitek yang handal dan pintar yaitu Mehmed Aga.

Awalnya pembangunan Blue Mosque terdapat 4 menara yang terbuat dari emas namun sang arsitek itu salah mendengar intruksi dari sultan karena Bahasa yang hampir sama akhirnya sang arsitek membuat 6 menara yang sangat unik dan sultan pun terpukau dengan hasilnya. Adanya 6 menara ini sempat di kritik oleh beberapa orang karena sama denan masjidil haram yang kemudian sultan memberikan sumbangan biaya untuk membangun Menara yang ke-7 di masjidil haram.

Lokasi adanya Blue Mosque

 

masjid biru

 

Masjid biru atau Blue Mosque terletak di kota Istanbul turki berdekatan dengan bangunan lain seperti masjid sulaiman, Hagia Sophi, dan istana Topkapi. Masjid ini berdekatan dengan situs kuno yang bernama Hippodrome. Akan lebih mudah untuk menemukan masjid ini karena dekat dengan erkotaan dan stasiun trem yang berlalu lalang di dalam kota tersebut. Masjid inipun dekat dengan museum Aya Sofya.

Masjid biru ini merupakan symbol dari kota Istanbul. Blue Mosque bisa juga di sebut dengan masjid Ahmed. Terlihat cantic masjid ini ketika di pandang dari arah selat Bosporus. Lokasi nya sangat strategis karena kita dapat melihat berbagai pemandangan yang memanjakan mata.

Masjid ini sudah berusia sangat tua hampir berabad abad dan sekarang masih berdiri dengan kokoh di tempat yang sama. Hingga tak heran jika banyak orang yang memuji akan keindahan dan keelokan kota turki ini. Di lihat dari lokasi nya pun ini mudah di jangkau karena letak nya yang strategis.

Keindahan bangunan Blue Mosque

 

masjid biru 2

 

Blue Mosque memiliki fungsi yang sama dengan masjid lainnya yakni sebagai tempat untuk melakukan ritual keagamaan khususnya bagi ummat muslim. Yang unik dari masjid ini ialah bagi mereka yang ingin masuk ke dalam nya di wajibkan untuk berlaku sopan bagi wanita harus menggunakan jilbab dan ada penjaga yang selalu memberikan peringatan bagi mereka yang tidak sesuai dengan aturan. Dibawah ini ada keunikan dan keindahan lain dari Blue Mosque yakni :

  1. Masjid ini di lapisi oleh interior yang luar biasa menarik yaitu di hiasi dengan 20.000 buah keramik berwarna biru dengan kualitas keramiik yang terbaik
  2. Pada bagian lantainya dilengkapi oleh karpet dari sutera yang begitu lembutnya Karena di ambil dari hasil kain sutera terbaik
  3. Di bagian atas nya ada banyak lampu minyak terbuat dari Kristal yang di impor dari negara terbaik
  4. Terdapat banyak barang berharga dan istimewa yang di simpan sebagai sebuah hadiah seperti tulisan Al-Quran
  5. Yang mengagumkan adalah motif kramik yang begitu indah seperti motif bunga mawar, tulip, anggur, dan daun daunan. Di pasang pula jendella yang berjumlah 260 buah yang terdapaat di dalam masjid ini

 

Post Author: Daniah Afandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *