Selat Bhosporus Turki

Bhosporus berasal dari bahasa Yunani. Di negara turki di bagian Benua Eropa dan Asia ada sebuah selat yang bernama Selat Bhosporus, selat ini menyambungkan antara Laut Marmara dengan Laut Hitam. Di perkirakan kedalamannya sekitar 36 hingga 124 meter, dan selat ini juga di perkirakan panjannya yaitu 30km, serta lebar maksimumnya 3.700 meter di bagian utara. Di selat ini terdapat kota yang padat akan penduduknya salah satunya adalah kota  Istambul.

Selat Bhosporus memiliki 2 jembatan yang pertama yaitu jembatan Bhosporus dan yang ke dua yaitu jembatan Fatih Sultan Memet ini adalah jembatan yang cukup lama sekali didirikannya. Selain jembatan di selat Bhosporus terdapat terowongan kereta yaitu Marmaray pada tahun 2008 di perkirakan sudah terselesaikan terowongan ini terletak di bawah selat dengan kedalaman 55 meter dan jarak tempuh dari terowongannya adalah 1400 meter.

salah satu kota yang terdapat di selat bhosporus adalah kota Istambul di mana di kota ini banyak terdapat keistimewaan yang banyak sekali para wisatawan yang berkunjung ke kota ini disini banyak tempat tempat wisata yang indah dan menawan diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. GALATA TOWER

Merupakan menara yang bentuknya menyerupai silinder menara ini sangat indah sekali dan menjadi tempat wisata para pengunjung untuk mendokumentasikan bangunan ini. Kelebihan dari menara ini adalah landmark ini terkenal sekali di turki karena puncaknya itu seperti kerucut dan apa bila dilihat dari jauh keindahannya terlihat yang menghiasi kota Istambul.galata tower

  1. GALATA BRIDGE

Adalah salah satu jembatan dari kota Istambul ini jembatan ini bukan hanya sebagai penghubung antara kota lama dan kota baru tetapi jembatan ini sering di jadikan tempat wisata bagi para pengunjung yang baru melihatnya karena di jembatan ini terlihat keindahan tersendiri, selain itu di tempat ini bagi para pengunjung bisa sambil memancing, duduk santai sambil mencicipi makanan.

Di tempat ini sangat banyak pengunjungnya karena di dekat jembatan terdapat cafe cafe sehingga bisa sambil duduk bercengkrama melihat jembatan yang indah sekali.

  1. MAIDEN’S TOWER

Di bibir pantai kota Istambul sekitar 200 meter ada pulau yang sangat kecil dan itu tepat letaknya di tengah selat bhosporus, ada sebuah menara yang indah disana atau di dalam menara itu ada restouran & cafe. Lumayan sangat menarik perhatian karena menara itu nampak seperti mengapung di atas air apa lagi kalo kita melihatnya di malam hari.

  1. Blue Mosque (Mesjid Biru)

Mesjid yang sangat kental sekali dengan sejarah ini lebih di kenal dengan Nama Mesjid Sultan Ahmet, tepat berada di kota Istambul juga. Didirikanya mesjid biru ini pada tahun 1616 ketika pemerintahanya di pegang atau di pimpin oleh Sultan Ahmed 1, bangunan mesjid ini lebih memilih gaya klasik Ottoman dengan gaya ke islaman dan bentuknya juga menyerupai Hagia Shopia.mesjid biru turki

Kelebihan dari mesjid ini adalah ada sembilan kubah yang di bangun, keindahan interiornyapun sangat menarik sekali terutama pada lampu lampu yang menambah cantiknya mesjid biru ini.

  1. TOPKAKI PALACE

Adalah sebuah moseum yang pada awal sejarahnya adalah slah satu istana peninggalan sultan Ottoman Turki. Banyak sekali yang datang untuk mengunjungi bangunan istana tua ini yang sekarang menjadi museum. Bagunan didalamnya yang sangat mewah menjadikan daya tarik tersendiri kelebihan yang terletak di dalam desain dan fasilitas bangunan ini menjadikan pengunjung lebih betah di dalamnya karena suasana dan perawatannya yang sangat baik menjdi terasa nyaman bagi si pengunjung.

Selain berwisata ada beberapa makanan yang menjadi ciri khas di kota Istambul ini, diantaranya:

  • Kebab Turki makanan ini sangat khas sekali roti yang digulung dan berisikan daging yang di iris tipis tipis dan ini rasanya sangat lezat sekalikebab turki
  • Balik ekmek merupakan makanan yang berupa ikan dan becampur roti rasanyapun tidak jauh kalah dengan kebab enak dan lebih lezat
  • Vilap adalah makanan yang berupa nasi dan sensasi rasanya seperti nasi uduk namun cara memasak nasinya berbeda sekali ini cara memasaknya memakai minyak jaitun
  • Simit kalo di indonesia serupa dengan donat bentuknya dan simit ini bahannya dari roti rasanyapun enak sekali
  • Jagung rebus dan bagi yang suka sekali dengan jagung rebus jangan khawatir di sini tepatnya pedagang kaki lima yang banyak menjualnya.

Post Author: Evan Tri Purnama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *