Jabal Uhud

bukit uhud

Jabal Uhud adalah salah satu gunung yang jangan terlewat kan oleh para jamaah Umroh, karena bukit yang memiliki arti bukit menyendiri ini memiliki keunikan yang berbeda dengan bukit-bukit lainnya. Sebagai Jama’ah ibadah umroh yang baik sudah seharusnya kita mengetahui sejarah, letak geografis, keunikan juga hikmah yang terdapat dalam periwtiwa Jabal Uhud ini.

Letak Geografis Jabal Uhud

jabal uhud

          jabal atau bukit uhud ini terletak di kota Madinah dan jarak nya dari sana adalah 5 km. ketinggiannya mencapai 1077 meter diatas permukaan laut. Warna yang terlihat dari jabal uhud ini adalah warna merah seperti tanah liat kalau di Indonesia tetapi bentuk nya yang terjal yang di penuhi batu menjadikan seperti Gunung yang dapat di daki.

Jabal Uhud ini tempat nya lebih strategis dari kota mekah dan Madinah karena posisi nya terdapat di sisi jalan. Diantara dua kota tersebut.

Sejarah dari Peristiwa Jabal Uhud

          Banyak sekali fakta sejarah yang di tulis oleh pakar nya seperti di bawah ini:

  1. Awal sejarah ini di mulai dengan pertempuran social dan politik karena sikap balas dendam dri pihak kaum quraisy karena kekalahan nya pada saat perang badar.
  2. Di bukit Uhud ini terjadi lah perang besar, pada tanggal 15 syawal tahun 3 hijriah tahun 625 Masehi.
  3. Perang besar tersebut sejarah sebut dengan perang Uhud. Dengan ikuti oleh kaum muslimin sebanyak 700 orang dan melawan kaum kafir Quraisy sebanyak 3.000 orang.
  4. Pada perang ini 70 orang kaum muslim terbunuh. Kenapa kaum kafir menang karena pada saat itu pemanah dari kaum muslim tergiur dengan harta yang di tinggalkan oleh kaum quraisy. Dan akhirnya kaum quraisy kembali ke tempat dan menangkap pasukan muslim. Perang ini akhir nya di menangkan oleh kaum kafir Quraisy.
  5. Pasukan kaum muslim pada saat itu di pimpin oleh Khalid Bin Walid yang terkenal sebagai pemanah yang baik dan memilik strategi perang yang bagus. Dan di bantu oleh Umar bin khatab juga Abu Bakar as-sidiq.

Keunikan Jabal Uhud

pinttu gua di jabal uhud

Adapun keunikan dari jabal Uhud yang dapat terlihat sesuai fakta yang konkret nya menjadikan para Jama’ah tidak boleh melewatkan momen penting untuk mengunjungi bukit ini yakni:

  1. Bukit uhud ini merupakan bukit yang tertinggi di banding bukit-bukit lainnya yang ada di jazirah Arab.
  2. Bukit ini berdiri sendiri dan tidak tersambung dengan bukit lainnnya.
  3. Bukit ini merupakan salah satu gunung yang aka nada di syurga nanti seperti yang di jelaskan oleh Rasulullah dalam hadits nya.
  4. Merupakan salah satu bukit yang akan selalu terkenang dimulai dari Zaman Raulullah sampai akhir zaman tiba.
  5. Disana terdapat makam para sahabat yang di bentengi di pinggir nya dengan pagar yang tinggi. Sehingga para jamaah tidak sembarangan bisa melewati makam tersebut.

Hikmah dari peristiwa Jabal Uhud

            Ibrah dan hikmah yang harus para jamaah haji dan Umroh ketahui dan dilakukan yaitu:

  1. Di jabal uhud ini, pasukan kaum muslim yang gugur saat perang di makam kan dalam keadaan syahid. Maka Rasulullah menganjurkan agar setiap umat manusia yang datang ke tanah jazirah Arab dapat mengunjungi Jabal Uhud ini.
  2. Para Jamaah di haruskan untuk berziarah dengan mendo’akan para sahabat yang di makamkan disana. Dan menjadi tazkiyah kepada jama’ah serta bahan tafakur dan Tasyakur.
  3. Menjadikan motivasi kepada kita bahwa jangan sampai kita tergiur dengan harta yang ada di dunia. Baik dalam keadaan saat berperang dengan musuh atau dengan hawa nafsu. Kita harus terus mengingat Allah dalam situasi dan kondisi apapun.

Post Author: Dian Umami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *