Jabal Tsur

bukit jabal tsur

Di atas jabal tsur terdapat Gua yang dalam sejarah merupakan pelarian Rasulullah saat di kejar kaum Quraisy yakni Gua Tsur. Banyak sekali sejarah tentang cerita suka dan duka Rasul dan sahabat di gunung ini. Sehingga Jabal ini di jadikan sebagai salah satu tempatt yang boleh di ziarahi oleh para jama’ah umroh dan ibadah haji yang ingin memberi kesan yang nyata tentang Gua tsur tersebut.

Letak Geografis Jabal Tsur

          Gunung Tsur ini terletak di kota mekah di sebelah selatan. Jabal ini memiliki ketinggian sekitar 458 meter dari permukaan laut. Adapun waktu yang harus di tempuh para jama’ah dalam mendaki jabal tsur ini dan sampai ke gua tsur mesti menghabis kan waktu yang cukup lama yakni sekitar 4 jam.

Bukit Jabal tsur ini adalah salah satu bukit yang tertinggi di kota Makkah al-mukaromah dari perbukitan atau barisan bukit bat yang berjajar jika dilihat dari Masjidil haram. Maka setelah para jama’ah melakukan ibadah shalat di masjidil haram dapat menikmati pemandangan bukit jabal Tsur yang menjulang tinggi.

Sejarah Jabal tsur

jabal tsur

          Peristiwa rasulullah bersembunyi di Gua Tsur karena melarikan diri dari kejaran orang-orang kafir quraisy menjdikan awal sejarah penting nya para jama’ah Umroh untuk mengetahui bahkan mendatangi bukit Jabal Tsur ini. Di antara peristiwa lain yang muncul di Jabal Tsur ini di antaranya :

  1. Rasulullah bersembunyi selama 3 hari di dalam Gua tersebut dengan di temani oleh sahabat nya yakni Abu Bakar As Sidiq.
  2. Mengapa rasulullah mendatangi persembunyian ini, karena pada waktu itu Rasul melakukan Hijrah dengan kaum muslimin yang lemah atau yang miskin baik fisik maupun ruhani nya.
  3. Allah memberi pertolongan melalui laba-laba dan burung merpati untuk mebuat sarang atau jarring, guna menutupi pintu gua Tsur tersebut.
  4. Ketika kaum Qurasy mengejar Rasul dan di temukan nya jalan buntu serta pintu gua yang ditutupi dengan jarring laba-laba, maka mereka berfikir mustahil seseorang dapat masuk ke dalam Gua Tsur ini tanpa merusak jaring yang menutupi pintunya.

Keunikan yang terjadi di Jabal Tsur

gua_tsur

  1. Saat Rasulullah bersembunyi dengan kekuasaan Allah Swt, mulut Gua Tsur ini di tutupi oleh Jaring laba-laba. Tetapi untuk sekarang kalau pun ada saran laba-laba itu bisa saja hanya perubahan iklim atau cuaca dan pembuatan oleh laba-laba secara alami.
  2. Arti dari jabal adalah Gunung dan Tsur adalah Kerbau atau sapi.

Kenapa bukit tsur ini di artikan kerbau? Karena lengkungan gunung ini jika dilihat dengan jelik maka persis berbentuk kerbau.

  1. Bukit Jabal Tsur memiliki bentuk setengah lingkaran jika dilihat dari jaraj yang jauh.
  2. Sekitar lingkungan Jabal Tsur terpenuhi dengan tanah dan kerikil serta lembah yang curam sehingga para jama’ah dapat melakukan perjalanan yang lebih ekstrim.

Hikmah yang terjadi di Jabal Tsur

  1. Mengingatkan kita bahwa manusia atau makhluk hidup lainnya di hadapan sang Khaliq itu Lemah. Jadi mengapa Allah membantu Rasul dengan di datang kan nya hewan yang lemah.
  2. Para Jama’ah dapat mengabadikan berfoto di Gua Tsur ini guna memuji kekuasaan dan kebesaran Allah Swt.
  3. Menjadikan motivasi saat rasulullah bersembunyi dengan membawa kaum muslimin yang lemah. Betapa dermawannya Rasul berjuang di jalan Allah.
  4. Karena jalan untuk menuju Jabal Tsur ini sangat terjal maka di adakan nya larangan untuk mendaki bukit tsur ini, sehingga para jama’ah hanya bisa menikmati di dasar permukaan jabal Tsur saja.

Post Author: Dian Umami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *