Indahnya Hagia Sophia Turki

hagia sofia 2

 

Salah satu lokasi yang paling terkenal ialah Turki dengan bangunan yang tidak asing lagi yaitu Hagia Sofia yang awalnya merupakan sebuah gereja tempat beribadah, kemudian di rubah dan dijadikan sebagai tempat beribadah ummat muslim yakni masjid, hingga akhirnya saat ini di jadikan sebagai museum. Jika ingin mengenal lebih jauh seperti apa Hagia Sofia, berikut pemaparan nya.

Sejarah munculnya Hagia Sophia

hagia sofia 3

Hagia Sophia berasal dari Bahasa turki yakni Aya Sofya yang mempunyai arti kebijaksanaan yang suci. Pada abad ke-6 bangunan ini di dirikan sebagai gereja yang kemudian berubah di jadikan sebagai masjid pada tahun 1453 yakni pada massa Ottoman. Berlanjut dengan runtuhnya massa Ottoman sekitar tahun 1930-an Hagia Sophia di rubah kembali menjadi sebuah museum.

Kota konstantinopel merupakan kota dimana didirikannya Hagia Sophia pertama kalinya berfungsi sebagai sebuah gereja termewah di kota nya. Bertahannya hagia Sophia sebagai gereja ialah selama 916 tahun yang hampir 1000 tahun lamnya bangunan ini berdiri.

Tak lama kemudian hagia Sophia di jadikan sebagai masjid selama kurang lebih 482 tahun atau hampir 500 tahun lamanya. Menngingat kembai bahwa hagia Sophia ini memiliki 2 simbol keagamaan yakni agama Kristen dan agama islam, sejarahnya yang brgitu mengesankan dan kekayaan interior nya yang sangat megah maka kemudian bangunan ini di jadikan sebagai museum.

Lokasi bangunan Hagia Sophia

hagia sofia

hagia shopia terletak di kota Istanbul Turki tepatnya di Ayasofya Meydani sekitar daerah Sultanahmet yang di batasi dengan taman. Bangunan ini saling berhadapan engan masjid biru turki atau Blue Mosque yang berada di di taman tersebut. Masuk ke hagia shopia ini memerlukan tiket yang berharga sekitar 25 lira. Bangunan yang menjadi museum ini selalu dibuka pada pagi hari jam 9 dan tutup pada jam 7 malam.

Di bagian belakang museum ini pengunjung dapat menemukan makam para sultan yang telah mendirikan bangunan ini tentunya dengan harga tiket Cuma Cuma atau gratis.

Keunikan dari bangunan Hagia Sophia

index

Museum Hagia Sophia ialah sebuah bangunan yang sangat di kagumi oleh para pengunjung yang hendak melihat. Mengapa tidak, pasalnya bangunan ini bak istana yang muncul dalam sejarahnya untuk di kenang dan di jadikan bangunan istimewa yang di miliki oleh warga Turki. Banyak sekali kemewahan dan kemegahan yang Nampak dari bangunan ini mulai dari bentuk bangunannya yang besar dan luas sampai pada benda benda yang ada di dalam nya. Berikut ini akan di paparkan betapa indah dan megahnya museum Hagia Shopia yaitu :

  1. Bangunan ini memiliki 3 tingkat dengan kubah yang super tinggi dan luas
  2. Bangunan ini berhiaskan emas dan bertahta permata yang menempel di dinding nya
  3. Terdapat ratusan bahkan ribuan karya terbaik seperti lukisan mozaik yang menghias di dalam bangunan ini
  4. Karismatik dan keelokan jendela jendela yang ada di bagian atas bangunan ini memanjakan mata yang melihatnya
  5. Interiornya yang di pasang berlapiskan emas melengkapi betapa mewah nya hagia Sophia
  6. Semua lukisan yang menempel di dinding berubah menjadi tulisan hias ayat suci Al-Quran setelah di rubah menjadi sebuah masjid
  7. Bangunan ini memiliki taman yang tak kalah luas nya dan begitu indah
  8. Terdapat gentong yang di jadikan tempat untuk berwudhu yang terbuat dari batu marmer
  9. Ada lorong yang begitu besar yang di dindingnya terdapat lukisan lukisan gereja dan adapula lukisan kaligrafi Allah dan Nabi Muhammad
  10. Terdapat pula tempat untuk imam sholat, mimbar dan tempat adzan

Membahas mengenai unik dan indahnya Hagia Sophia tentu tidak ada habisnya, di atas hanya sebagian besar yang dapat di lihat dari bangunan ini. Setiap orang tentu menginginkan kesempatan untuk pergi kesana khususnya bagi yang ingin umroh bisa di jadikan tempat yang di targetkan untuk berlibur setelah umrah. Karena tidak akan ada penyesalan setelah menginjakkan kaki di bangunan itu tentunya pengunjung akan di manjakan dengan kemegahan dan luar biasanya arsitektur yang di bangun di kota Turki ini.

Post Author: Daniah Afandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *