Hippodrome di Turki

hippodrome lma

Berbicara pasal Turki jelas tidak akan habisnya dengan berbagai banunan bangunan megah yang memikat hati memanjakan mata para pengunjung. Mulai dari museum, istana , masjid dan bangunan lainnya. Dan yang akan di bahas pada bagian ini ialah salah satu tempat wisata yang tak kalah menarik yakni Hippodrome. Di bawah ini pemaparan lebih jelas mengenani Hippodrome sebagai berikut.

Apa itu Hippodrome ?

hippodrome dua

Hippodrome ialah salah satu tempat wisata yang harus di kunjungi selain dari masjid sulaiman, masjid biru ataupun hagia Sophia yang ada di turki. Hippodrome merupakan tempat untuk melakukan pacuan kereta dan tempat untuk berolahraga yang di pakai pada masa kekaisaran Byzantium. Ini adalah tempat terbuka yang pada saat itu di gunakan oeh masyarakat turki sebagai tempat aktiviitas seperti berpacu kereta kuda, berolahraga, melakukan berbagai pertarungan dan acara acara seni lainnya.

Tempat ini hampir mirip dengan lapang sepak bola namun yang membedakannya adalah bentuk dan ukurannya. Hippodrome merupakan peninggalan yang paling bersejarah pada masa Byzantium dan termasuk kota jajahan.

Septimus Severus adalah kaisar dari romawi yang berhasil membangun Hippodrome di kota Istanbul pada tahun 203 sebelum masehi. Tempat ini sekarang mempunyai obelisk dari mesir yang sudah berusia kurangg lebih 3500 tahun , obelisk dari konstantinopel dan tiang serpentine. Obelisk ini terbuat dari bahan granit berwarna merah muda yang memikat mata pengunjung.

Kini Hippodrome sudah mejadi monument yang di miliki oleh kota Istanbul yang menjadi saksi adanya kegiatan dari warga Istanbul. Kata Hippodrome ini ternyata berasal dari Bahasa yunani yang memiliki arti baalaapan kuda. Karena usianya yang terlalu lama maka saat ini tidak ada lagi tempat balapan kuda namun hanya tertinggal tugu batu nya saja. Karena adanya perang yang menyebabkan hilangnya tempat megah ini hingga sekarang menjadi kenangan yang tak dapaat dilupakan yang terjadi pada tahun 532 masehi.

Pembangunan Hippodrome

hippodrome empt

Pembangunan Hippodrome ini merupakan hasil dari kemenangan konstantinopel pada masa romawi. Tempat ini di bangun dengan beberapa tugu batu di sekelilingnya. Pahatan pada bangunan ini terbuat dari bahan granit berwarna merah muda. Awalnya bangunan ini ada di daerah mesir namun sekarang lokasinya di pindahkan ke wilayah konstantinopel oleh seorang kaisar yang bernama Theodosius tepatnya tahun 390 sebelum masehi. Ada beberapa kegiatan yang di lakukan di lingkungan bangunan ini yang di dominasi oleh warga masyarakat asli Istanbul turki.

Bangunan Hippodrome ini berhiaskan Obelisk yang di ambil dari mesir langsung yang tinggi nya sekitar 19 meter sekitar abad ke-15 sebelum masehi yang di percaya untuk memberikan penghormatan pada dewa matahari oleh Firaun Thutmosis lll.

Pada oblesik yang ke-2 di bangunan ini memiliki tinggi 32 meter yang di buat sekitar abad ke-10 masehi. Tak hanya di jadikan sebagai tempat berpacu kuda, hippodrome ini pun sempat di jadikan sebagai lokasi untuk beratih memanjat oleh Kaisar Ottoman. Ketika kita berkunjung ke hippodrome dan terus melakukan perjalanan maka yang aakaan di ihat adaalah tempat luas yang di penuhi oleh orang orang yang sedang melakukan upacara upacara, melakukan atraksi dengan kuda, berlatih memanah, dan latihan tombak. Di lengkapi dengan Menara atau tugu batu yang berbentuk lancip menambah indah suasana hippodrome. Tempat berpacu kuda ini sudah menjadi tempat wisata yang favorit di daerah Istanbul turki.

 

 

Post Author: Daniah Afandi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *