Gua Hira

gua hira

Gua Hira merupakan salah satu tempat bersejarah, yang mana Rasulullah mendapatkan wahyu pertama nya di tempat ini. Karena tempat ini begitu berarti bagi Rasul maka para jama’ah di sunah kan untuk mengingat perjuangan Rasul dan sahabat-sahabat nya di tempat ini dengan mendatangi dan mengetahui sejarah yang terjadi di gua hira.

Letak Geografis Gua Hira

gua hira di bukit jabal Nur

Gua Hira terletak 6 Km dari sebelah utara nya masjidil haram, tepat nya diatas bukit Jabal Nur ( Gunung yang Bercahaya) ketinggian nya mencapai 200 meter di atas permukaan laut. Dan pada jarak 5 meter di puncak gunung terdapat pintu masuk ke gua hira yang cukup kecil. Menurut jamaah yang sudah kesana kita harus memposisikan menyamping saat masuk karena begitu kecil nya.

Di sebelah samping gua ini terdapat dua buah Batu yang besar tetapi sangat dalam dan juga sempit. Panjang nya 3 meter , lebar 1.5 meter dn tinggi nya 2 meter. Kuota gua dan batu ini hanya dapat menampung 2-3 orang saja.

Para pengunjung, khususnya para jamaah umroh harus mendaki gunung yang sangat terjal ini dengan melewati batu-batu dan menempuh waktu sekitar satu – dua jam. Di usahakan penziarah dapat beristirahat ketika menuju gua hira ini.agar tidak terasa cape untuk melanjutkan perjalanan selanjut nya.

Sejarah Gua Hira

shalat di gua hira

          Banyak hal yang menjadi asal-usul gua hira menjadi tempat bersejarah di antara nya yaitu:

  1. Gua hira adalah tempat dimana Rasulullah bersemedi dan mendapatkan wahyu yang pertama. Tepat nya pada hari senin tanggal 17 bulan Ramadhan , tepat nya hari kamis tanggal 6 bulan Agustus tahun 610 M.
  2. Wahyu pertama tersebut di turun kan oleh Allah Swt melalui malaikat jibril dengan wujud aslinya.
  3. Isi wahyu pertama ini yakni tentang perintah membaca kepada Rasulullah, dimana Rasul dapat membaca semua keadaan yang akan terjadi, sebelum dan seudah Rasul alami.
  4. Di Gua Hira Nabi Muhammad di nobat kan dan sah di angkat menjadi Nabi dan Rasul allah SWT.
  5. Pada umur 40 tahun 6 bulan dan 8 hari rasul mendapatkan wahyu pertama ini. Dari kejadian ini maka dalam realita kehidupan sekarang pada umur 40 tahun menjadi salah satu patokan seorang laki-laki harus memiliki pilihan yang tepat untuk keyakinan dan ketaqwaan nya termasuk iman, islam dan islam.
  6. Saat Rasul bersemedi dan melakukan ibadah seperti berdo’a untuk kebaikan hidup nya kepada Allah, istrinya siti Khadijah senantiasa mengantarkan makanan kepada Rasul.

Keunikan yang ada di Gua Hira

bukit gua hira di malam hari

Adapun keunikan yang muncul di gua hira ini yaitu :

  1. Gunung yang menjulang tinggi, sehingga para pengunjung dapat menikmati perjalanan ke jabal Nur dengan lebih ekstrim
  2. Pada dinding gua hira, terdapat tulisan “ Ghor Hira” dalam Bahasa arab dengan menggunakan cat yang berwarna merah.
  3. Terdapat tulisan dengan cat hijau di atas nya yakni tulisan ayat al-qur’an yang pertama turun kepada Rasulullah yakni surat al-alaq ayat 1-5 .
  4. Suasana gua hira ini sangat jauh dari keramaian, sehingga Rasul dan para jamaah dapat merasakan kenyamanan dan melakukan ibadah dengan lebih khusyu.
  5. memancarkan kota yang bercahaya jika di lihat di malam hari.

Jadi, para jamaah umroh harus mengetahui bebrapa tempat ziarah yang sayang untuk tidak  di kunjungi, seperti Gua Hira di Jabal Nur ini. Agar ritual ibadah haji nya lebih sempurna dan menjadikan motivasi hidup kedepannya.

 

Post Author: Dian Umami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *