Bir Ali

bir ali umroh

Bangunan ini bernama masjid Bir Ali yang sering di gunakan para jamaah haji dan umroh untuk bermalam atau beristirahat (miqat). Di masjid ini para jama’ah harus sudah siap mengenakan pakaian ihram kemudian melaksanakan shalat dua rakaat. Jarak Madinah kurang lebih10 KM dari masjid ini , dan jarak ke mekah kurang lebih 450 km. karena masjid ini sebagai patokan jam’ah memulai miqat maka sering di sebut juga masjid al-miqat, yang mana dari sana aturan serta larangan harus di patuhi.

Sejarah Bir Ali
Di dalam sejarah di sebutkan juga beberapa sebutan nama untuk masjid bir Ali ini yaitu:

  1. Masjid As-Syajarah yakni sebutan nama tersebut memiliki arti yang unik dimana masjid as-syajarah ini berarti pohon. karena mengingatkan peristiwa Rasulullah saat menuju kota mekah, beliau duduk di bawah pohon yang di dekat pohon ini di bangunlah masjid ini dan Rasulullah pun suka melakukan ibadah shalat di dalam nya.
  2. Begitu juga dengan masjid Dzul Hulaifah kenapa di sebut demikian karena merupakan nama daerah masjid ini berada.
  3. Mengapa di katakan sumur milik ali karena Bir dalam Bahasa arab berarti sumur atau sungai dan Ali adalah imam sekaligus sahabat dan keponakan Rasulullah Saw, yakni Ali Bin Abi Thalib. Tetapi dalam realita nya sumur ini tidak terlihat lagi bahkan tidak di temukan. Karena dengan pesat nya masyrakat juga pertumbuhan penduduk yang memadati kota ini di bangunlah beberapa bangunan di sekitar masjid Bir Ali ini.

Desain Bangunan Bir Ali

bir ali umrah-miqat

Masjid yang terletak 10 km dari pusat kota Madinah di daerah Dzul Hulaifah ini memiliki beberapa desain yang menarik para pengunjung khususnya para jama’ah yakni:

  1. terlihat sangat unik dan indah, di mulai dari kubah yang menjulang tinggi dan keindahan artistic bangunannya
  2. halaman luar nya termasuk pohon- pohon yang di tanam nya tertata rapi dan bersih
  3. munculnya aura yang antic dan aneh dari Menara yang terlihat dalam jarak jauh yakni seperti benteng. Sehingga bangunan ini terkadang terlihat kuno dalam jarak yang sangat jauh tetapi jika sudah di dekati sangat modern dan berseni sekali.
  4. Di dalam desain interior, masjid ini sangat indah di hiasi dengan motif dinding yang banyak dan beragam Karena ukuran di dalam nya sangat luas sekali.
  5. Selain itu juga kita bisa leluasa menikmati keindahan di dalam dan di luar bangunan bir ali ini. Yang mana keadaan di luar nya terdapat taman yang indah dengan di tumbuhi banyak pohon kurma, pohon hias juga rumput yang membentang hijau di sekeliling masjid, Wc dan taman ini.

Kegunaan masjid Bir Ali untuk para Jama’ah Umroh

bir ali

  1. Para jamaah atau pesiar di lautan juga suka menjadikan Menara Bir Ali ini sebagai petunjuk arah apabila ingin pergi beribadah ke kota Madinah dan mekah, begitu pun ingin merasakan atau mendatangi tempat-tempat bersejarah lainnya yang ada di jazirah arab.
  2. Di masjid ini para jamaah memulai ibadah yang bernama miqat. Miqat merupakan tempatnya para jama’ah melakukan ibadah shalat dua rakaat, membaca niat ibadah umrah atau haji dan sudah siap mengenakan kain ihram. Hal ini merupakan suatu ketetapan yang Rasulullah perintahkan kepada para sahabat sampai kepada kita penerus risalah nya sampai akhir zaman.
  3. Miqat seseorang itu harus tepat memilih karena pada saat dia berniat ibadah umroh di tempat yang baik maka keinginan yang di niatkan juga bernilai ibadah dan ketika menghadap sang pencipta kita akan lebih khusyu dalam melakukannya. Begitu pun sebalik nya apabila seseorang melakukan pemberhentian yang salah maka dalam ibadah nya dan niat dalam meninggalkan harta atau keinginan yang bernilai duniawi akan sulit di lakukan. Karena mungkin tempat tersebut kurang di ridhai oleh Allah swt.

 

 

Post Author: Dian Umami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *