Budaya Turki yang Unik

Letak geografis Turki sungguh yang berada di dua benua yaitu Asia dan Eropa berdampak pada gaya hidup dan pola hidup masyarakatnya, sehingga melahirkan budaya atau kebiasaan yang unik yaitu yang merupakan perpaduan antara budaya asia dan eropa. Budaya Turki yang telah ada sejak ratusan tahun lalu ini, hingga kini terus melekat dalam kehidupan masyarakat Turki yang telah menjadi ciri khas dari masyarakat Turki dan tetap eksis ditengah modernisasi dunia.
Salah satu budaya masyarakat Turki yang sangat kental adalah cara mereka memuliakan tamu, bagi masyarakat Turki tamu adalah orang yang harus dihormati dan dihargai, sehingga masyarakat Turki akan melakukan berbagai upaya untuk bisa menjalin persahabatan yang hangat dengan tamu mereka. Budaya khas Turki lainnya yang tidak kalah menarik adalah yang berkaitan dengan kebiasaan minum kopi. Kopi memang sudah membudaya di dalam masyarakat Turki, sampai-sampai seorang musafir Inggris charles mac farlane pernah menyebutkan bahwa masyarakat Turki tidak dapat hidup tanpa kopi.

Budaya Turki dalam Menyambut Bulan Ramadhan

Budaya Turki ketika menyambut bulan ramadhan juga sangat unik, dimana sebelum shalat subuh para pria serta anak lelaki akan berkeliling di sekitar perumahan untuk membuat tetabuhan dengan menggunakan drum untuk membangunkan sahur dan saat menjelang berbuka masyarakat juga akan keluar untuk berjalan-jalan diseputar pasar dan restoran untuk memakan roti pipih yang baru matang atau pide, mezes,s up , aneka kebab, pilav atau nasi yang dicampur dengan sayuran serta borek atau pastry .
Bagi masyarakat Turki bulan ramadhan merupakan bulan dimana mereka bisa saling bertukar makanan antar kelurga dan saling mengunjungi untuk berkumpul bersama. Yang sangat menarik adalah pemerintah Turki pada setiap bulan Ramadhan selalu menggelar tradisi makan besar dan mendirikan tenda-tenda serta menyiapkan meja makan raksasa di sepanjang jalan pusat kota. Ribuan tenda terbuka yang bisa menampung sekitar 24000 orang akan didirikan di hampir setiap kota yang ada di Turki.
Pada saat hari raya idul fitri, masyarakat Turki yang mayoritas beragama Islam akan menyambutnya dengan penuh sukacita yaitu dengan mengadakan pesta maupun festival gula yang lebih terkenal dengan sebutan seker Bayrami yang telah digelar sejak abad 18 .Budaya Bayrami adalah sebuah tradisi dimana orang muda akan datang ke anggota keluarga lainnya yang lebih tua dan tradisi ini akan lebih semarak lagi dengan adanya gerombol anak kecil yang mendatangi rumah ke rumah untuk bersilaturahmi sambil mengucapkan iy bayramlar bahkan terkadang mereka sambil membawa permen .
Pada saat merayakan tradisi seker bayram dihari raya idul fitri, biasanya masyarakat Turki akan menyediakan makanan manis sambil saling sungkem dan mengucapkan bayraminiz mubarek olsun dengan memakai pakaian Bayrami. Perayaan hari raya idul fitri juga akan kian semarak dengan diadakannya pagelaran musik carogoz dan hacivat dan tidak jarang mereka juga akan menggelar malam dana yang diperuntukkan bagi masyarakat yang tidak mampu. Kemeriahan idul fitri ini akan terasa sangat istimewa karena di setiap kampung-kampung di Turki akan dihiasi oleh aneka hiasan mulai dari lampu-lampu yang indah berwarna-warni serta hiasan yang lainnya.

 

Budaya unik masyarakat Turki lainnya yang dapat menyedot perhatian para wisatawan adalah tradisi Camel Wrestling, yaitu sebuah olahraga tradisional yang sangat populer dan telah menjadi budaya Turki yang melibatkan unta. Unta-unta tersebut diberi ornamen yang unik mulai dari pelana berukir dan kain yang berwarna-warni dengan ornamen renda dan juga lonceng yang diiringi diiringi oleh musik dan tarian khas Turki.

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *